Minggu, 29 Juli 2012

Merawat motor ( Panduan penggantian komponen motor )


Hey bro, lama nih ane kagak ngepost di blog ini, kebetulan ane sekarang lagi service motor ane nih di bengkel  YMH daerah Plengkung Gading  Jogja. Soalnya ni motor ane YMH Mio soul lagi sakit, kalo buat jalan kenceng mesinnya udah getar mulu. Ditambah lagi knalpotnya meletus meletus mulu. Nah makanya ni motor ane sekolahin biar pinter. Berhubung ane lagi nungguin ntu motor sekolah ni ane liat pengumuman penting buat ngerawat motor. Jadi di pengumuman itu disebutin  beberapa komponen yang harus diganti kalo aus, diantaranya nih ane sebutin satu-satu :

1.      Busi, disarankan untuk diganti setiap 6000 km , akibatnya nih kalo gak diganti :
·        Performa dan tenaga mesin turun
·        Gejala panas berlebihan
·        Bahan bakar boros
2.      Filter oli, 9000 km, dampaknya :
·        Pelumasan mesin tidak optimal yang menyebabkan komponen mudah aus
·        Kualitas oli turun menyebabkan mesin mudah panas
3.      Weight (Roller), 24000 km, dampaknya:
·        Bahan bakar boros
·        Performa dan tenaga mesin turun
·        Timbul suara kasar (noise)
4.      Kanvas Kopling, 24000 km, dampaknya:
·        Bahan bakar boros
·        Saat akselerasi tenaga kurang
·        Timbul panas berlebihan
5.      Filter Udara, 9000 km, dampaknya:
·        Bahan bakar boros
·        Performa dan tenaga mesin turun
·        Debu masuk ke ruang bakar menyebabkan timbulnya suara kasar dan komponen mesin aus atau rusak
6.      Kanvas Rem, 9000 km, dampaknya:
·        Piringan cakram/teromol aus
·        Timbul suara berderit yang menyebabkan kemampuan pengereman berkurang
7.      V-belt, 25000 km, dampaknya:
·        Bahan bakar boros
·        Performa dan tenaga mesin turun
·        Timbul suara kasar (noise)
·        V-belt bisa putus yang menyebabkan komponen pulley rusak
8.      Gear dan Rantai, 15.000 km:
·        Bahan bakar boros
·        Performa dan tenaga mesin turun
·        Timbul suara kasar (noise)
·        Rantai bisa putus menyebabkan rawan kecelakaan

Nb : setiap kilometer berlaku kelipatannya.

Nah segini dulu nih informasi dari ane, berhubung motor ane udah selesei sekolahnya ane mau pulang nih buat nunggu ngabuburit, semoga bermanfaat ye info dari ane. Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar